Senin, 13 April 2009

Arti Masa Lalu

Suatu ketika aku ditanya oleh seorang teman…”apakah kamu tidak menganggap mereka (masa laluku)”. “Apa maksudmu”, aku pura-pura tak tahu , “kalo tanya jangan aneh-aneh”.
“OK..aku ga akan tanya….”
“Dasar aneh”

Apalah arti masa lalu…orang-orang hatinya merasa pilu mengingatnya. Kamu tahu aku juga punya dan aku juga merasakannya. Ia akan abadi…bukan dalam ingatan kita, tapi dalam ingatan-Nya. Kenapa kau merasa sedih…kenapa resah…jika semua adalah milik-Nya. Harapan (jika kamu percaya) selalu ada di masa depan.

Bicara memang selalu lebih mudah..saat orang mencoba memahami selalu ada saja godaannya. Mereka tak ingin meninggalkan kenangn indah, mereka ingin di dalamnya selamanya…kenangan bersama teman-temannya, bersama kekasihnya, bersama keluarganya. Orang itu berkata “andai bisa kuputar waktu”….. Namun, waktu sendiri tak pernah ada, begitulah kenyataannya. Waktu tak lebih dari persepsi kita antara 2 peristiwa yang berbeda.

Dia-lah yang telah menunjukkan semua ilmunya kepada kita….sedikit saja. Ia lah yang terus-menerus menciptakan di masa depan, sekarang dan masa lalu. Tak ada satu pun yang terlewatkan dari penglihatannya, sampai detail terkecil sekalipun.
Masa lalu dan masa depan….tidak perlu dikhawatirkan, semua telah terjadi dan tercatat dalam kitab.
Maha besar dzat yang memerikan kita rasa…..